Selasa, 16 Oktober 2012

Sejarah Spongebob


Watak SpongeBob


Spongebob. Tokoh utama SpongeBob adalah sebuah spons laut berwarna kuning yang hidup bersama peliharaannya, Gary, seekor siput laut yang berperilaku sebagai kucing. SpongeBob tinggal bertetangga dengan sahabatnya Patrick , seekor bintang laut; dan tetangga yang selalu memusuhinya Squidward, seekor gurita yang tidak senang bersosialisasi, memiliki sifat penggerutu, dan hobi bermain klarinet.
Boneka_Spongebob
Kelucuan-kelucuan dalam cerita serial ini bersumber dari perilaku sehari-hari  SpongeBob yang polos, optimis, selalu ceria, dan memiliki prasangka baik terhadap siapapun.Terkadang perilaku ini membawa bencana, dimanfaatkan, atau terjadi salah paham kala disatukan dengan sifat-sifat mahluk lain yang tinggal di Bikini Bottom.

Asal SpongeBob (1993-2009)


spongebob

SpongeBob
Sejarah SpongeBob Squarepants dapat ditelusuri mulai tahun 1993 saat Rocko’s Modern Life disiarkan pertama kali. Ketika Rocko’s Modern Life dibatalkan tahun 1996 mereka tidak putus asa. Pada tahun 1993 di Hillenburg SpongeBob Squarepant dengan Direktur kreatif Derek Drymon  yang  sukses di acara Doug, Dan Hey Arnold!. Terciptalah SpongeBob Squarepants.
Pada awal produksi , Konsep komik pendek dengan gaya yang sama dengan karakter yang tampak berbeda diberikan oleh  Hillenburg. SpongeBob Squarepants dulu bernama SpongeBoy, dengan gaya  memakai topi merah dengan dasar hijau dan bisnis putih kemeja dengan dasi. Nama “SpongeBoy” tidak membuatnya menjadi pertunjukan sejak nama merek dagang itu sudah resmi oleh Bob Beban, pencipta Flaming Carrot. Hillenburg kemudian memilih nama alternatif “SpongeBob.” Nama asli pernah dirujuk dalam pertunjukan oleh Mr Krabs ‘line, “SpongeBoy, aku Bob!.” Krusty Krab yang awalnya dieja dengan huruf C, bukan K, tapi Stephen K’s Hillenburg pikir itu lucu.
Ketika itu, Hillenburg berpikir ingin membuat tokoh yang bukan ikan. Sebab, di laut bukan hanya ada binatang yang bisa berenang ini. “Tapi bentuknya seperti apa?” Mungkin itu yang ada di benak Hillenburg.
Bahkan, Hillenburg pernah berpikir ingin menampilkan bunga. Tapi, dia kebingungan bentuknya mau seperti apa. Akhirnya tanpa sengaja, dia pun melihat busa pencuci piring. Seketika itu juga Hillenburg berpikir kalau dia sudah menemukan karakter yang sangat pas. Bentuknya, warna, serta sifat lenturnya sangat mirip dengan tokoh Sponge Bob yang lincah, mudah bergaul, dan selalu optimistis.
Dia juga menambahkan busa segi empat itu dengan celana dan dasi, serta dua gigi kelincinya yang sangat besar. Sehingga makin memperlihatkan kelucuan dari sosok Sponge Bob ini.

Naik ke popularitas (1999-2000)

Spongebob
SpongeBob
Pada tanggal 1 Mei 1999, SpongeBob Squarepants episode pertama ditayangkan, “Help Wanted / Karang Blower / Teh di Treedome”, setelah tahun 1999 Nickelodeon Kids ‘Choice Awards. Pada saat ini, Rugrats berada di puncak popularitasnya dan telah hidup lebih lama lusinan anggaran lain-lebih rendah kartun. SpongeBob Squarepants, dengan kelas umumnya lebih rendah animasi dan humor gaya lebih berakar pada permainan kata-kata pintar dan budaya-referensi tidak seperti toilet humor yang membuat Rugrats begitu populer, diharapkan menjadi hanya salah satu dari orang-orang lain menunjukkan. Setelah awal perjuangan, dengan peringkat melambung, dan setahun setelah rilis, itu melampaui Nickelodeon Rugrats sebagai nilai tertinggi menunjukkan. SpongeBob’s signature suara (yang disediakan oleh Tom Kenny) dan gaya humor menyenangkan untuk kedua lebih muda dan lebih tua khalayak.

Puncak tahun (2000-2003)



Acara dimulai musim kedua pada tahun 2000 dengan kualitas yang lebih tinggi animasi dan bahkan lebih populer episode. Pada saat itu sudah jelas kepada dunia bahwa SpongeBob Squarepants telah membuka pintu ke banyak kartun lain untuk menggunakan lebih “dewasa” rasa humor dan berasal dari perusahaan-perusahaan kecil. Pada tahun 2001, The Fairly OddParents disiarkan oleh perusahaan Frederator kecil. Ini berfokus pada rasa humor yang mirip dengan SpongeBob’s, hanya lebih realistis, agak gila (dan lebih sugestif untuk “dewasa” topik), dan dengan lebih banyak referensi budaya pop; acara ini berhasil menjadi hit dan saat ini juga barisan belakang SpongeBob Squarepants sebagai Nick menunjukkan kedua yang paling populer.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar